Tugas 1
Judul Skripsi :
“KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS
BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”
Nama Mahasiswa : Irma Widiyanti
Program Studi : Pendidikan Teknik Elektro
No. Registrasi : 5115083383
Tahun Lulus : 2012
Dosen : 1. Ketua Sidang Pengesahan
: Drs. Wisnu Djatmiko,M.T.
2. Sekertaris :
Drs. Readysal Monantun,M.M.
3. Penguji Ahli :
Syufrijal,M.T.
4. Dosen Pembimbing I
: Dr. Suyitno,M.Pd.
5. Dosen Pembimbing II :
Dr. Sri Sujanti,M.Pd.
Tugas
2
Daftar
Isi
Abstrak......................................................................................................................................
i
Lembar
Pengesahan..................................................................................................................iii
Lembar Pernyataan
Orisinilitas.................................................................................................iv
Kata
Pengantar...........................................................................................................................v
Daftar
Isi...................................................................................................................................vi
Daftar
Tabel..............................................................................................................................ix
Daftar
Gambar...........................................................................................................................x
Daftar Lampiran........................................................................................................................xi
Bab
I Pendahuluan...................................................................................................................1
1.1 Latar
Belakang
Masalah.....................................................................................................1
1.2 Identifikasi
Masalah...........................................................................................................1
1.3 Pembatasan
Masalah..........................................................................................................4
1.4 Perumusan
Masalah............................................................................................................5
1.5 Tujuan
Penelitian................................................................................................................5
1.6 Kegunaan
Penelitian...........................................................................................................5
Bab
II Kajian Teoretis dan Hipotesis Penelitian...................................................................7
2.1 Kerangka
Teoretis..............................................................................................................7
2.1.1 Hasil Belajar Praktik Penggunaan dan
Pengaturan Motor..........................................7
2.1.1.1 Belajar....................................................................................................................7
2.1.1.2
Hasil Belajar Psikomotor.....................................................................................11
2.1.1.3
Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor........................................................18
2.1.1.3.1 Pengasutan Secara Langsung........................................................................19
2.1.1.3.2 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Manual.....................................20
2.1.1.3.3 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Otomatis...................................21
2.1.2
Hasil Belajar Teori Mesin Arus Bolak-Balik.............................................................23
2.1.2.1 Hasil Belajar Kognitif.........................................................................................23
2.1.2.2 Teori Mesin Arus Bolak-Balik............................................................................27
2.1.2.2.1 Motor Satu Fasa............................................................................................27
2.1.2.2.2 Motor Tiga Fasa............................................................................................33
2.2 Kerangka
Berpikir............................................................................................................38
2.3
Hipotesis Penelitian..........................................................................................................39
Bab
III Metodologi Penelitian...............................................................................................40
3.1 Tempat
dan Waktu
Penelitian..........................................................................................40
3.2 Metode
Penelitian.............................................................................................................40
3.3
Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan
Sampel.......................................................40
3.4 Variabel
Penelitian...........................................................................................................41
3.5 Definisi
Operasional
Variabel..........................................................................................41
3.6
Instrumen Penelitian.........................................................................................................42
3.7 Teknik
Pengumpulan
Data...............................................................................................43
3.8
Hipotesis Statistik.............................................................................................................44
3.9 Teknik
Analisis
Data........................................................................................................44
Bab
IV Hasil Penelitian..........................................................................................................49
4.1
Deskripsi Data..................................................................................................................49
4.1.1
Hasil Belajar Praktik PPM..........................................................................................49
4.1.2
Hasil Belajar Teori MAC............................................................................................50
4.2 Uji Data............................................................................................................................52
4.2.1 Uji
Normalitas............................................................................................................52
4.2.2 Uji
Linieritas Hubungan/Regresi...............................................................................53
4.2.3 Uji
Korelasi Product Moment
Pearson.......................................................................55
4.3 Pembahasan
Data.............................................................................................................57
4.4
Keterbatasan
Penelitian....................................................................................................59
Bab
V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.............................................................................60
5.1
Kesimpulan.......................................................................................................................60
5.2
Implikasi...........................................................................................................................60
5.3
Saran.................................................................................................................................61
Daftar
Pustaka........................................................................................................................63
Lampiran.................................................................................................................................65
Daftar
Lampiran
Lampiran 1 Data
Hasil Belajar Teori MAC dan Praktik PPM................................................65
Lampiran 2 Perhitungan
Distribusi Frekuensi Variabel X......................................................66
Lampiran 3 Perhitungan
Distribusi Frekuensi Variabel Y......................................................68
Lampiran 4 Perhitungan
Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel X...............................70
Lampiran 5 Perhitungan
Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel Y...............................71
Lampiran 6 Pengujian
Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel X..................72
Lampiran 7 Pengujian
Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel Y..................75
Lampiran 8 Perhitungan
Ujian Linieritas Dengan Persamaan Regresi Linier Sederhana......78
Lampiran 9 Uji
Kelinieran dan Keberartian Regresi...............................................................81
Lampiran 10 Perhitungan Koefisien Korelasi Product
Moment Pearson................................88
Lampiran 11 Perhitungan Signifikansi Koefisiensi
Korelasi Product Moment Pearson.........90
Lampiran 12 Lembar Pengamatan Kemampuan Praktikum
Mata Kuliah PPM......................99
Daftar
Tabel
Tabel 3.1 Interpretasi nilai r (Koefisien Korelasi
Pearson)......................................................46
Tabel 3.2 Pengelompokan Data................................................................................................47
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Variabel Y...............................................................................49
Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Variabel X...............................................................................51
Tabel 4.3 Data Hasil Perhitungan Uji
Liliefors........................................................................53
Tabel 4.4 F (ANAVA) Regresi
Linier......................................................................................54
Tabel 4.5 Interpretasi Nilai r (Koefisien Korelasi
Product Moment Pearson).........................56
Daftar
Gambar
Gambar 2.1 Rangkaian Pengasutan Segitiga-Bintang..............................................................20
Gambar 2.2 Rangkaian Pengasutan Oto-Transformator..........................................................22
Gambar 2.3 Motor Induksi Satu Fasa.......................................................................................30
Gambar 2.4 Rangkaian Motor Kapasitor.................................................................................32
Gambar 2.5 Rangkaian Resistansi Eksternal............................................................................36
Gambar 4.1 Histogram Variabel Y...........................................................................................50
Gambar 4.2 Histogram Variabel X...........................................................................................52
Teori
Awal
- Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan.
- Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis (pengurangan), sintesis (memadukan) dan evaluasi (penilaian).
- Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisasi dan pembentukan pola hidup.
- Psikomotorik yaitu kemampuan mengutamakan keterampilan jasmani yang terdiri dari persepsi, kesiapan, gerak terbimbing, gerakan terbiasa,gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.
- Hasil Belajar adalah prestasi dari suatu kegiatan, dalam hal ini belajar, yang telah dikerjakan berupa peruahan perilaku yang relatif menetap secara terus menerus baik dalam kualitas kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Teori
Pembanding
1.
Belajar
adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi
tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai
hasil yang optimal.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara
stimulus dan respon.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar
- Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, menegtahui dan memecahkan masalah.
- Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.
- Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
- Hasil Belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi.
Tugas
3
Beberapa penulisan yang tidak sesuai dengan EYD pada
skripsi yang saya telaah, yang berjudul :
“KORELASI
ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK
PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”
Halaman
|
Kata yang tidak sesuai EYD
|
Kata yang sesuai EYD
|
Halaman 7
|
Domain
|
Domain
|
Halaman 13
|
Kreatifitas
|
Kreativitas
|
Halaman 17
|
Interpersonal
|
Interpersonal
|
Halaman 19
|
Relay
|
Relay
|
Halaman 19
|
Saklar
|
Sakelar
|
Halaman 23
|
Analisa
|
Analisis
|
Halaman 23
|
Sintesa
|
Sintesis
|
Halaman 29
|
Hysterisis
|
Hysterisis
|
Halaman 29
|
Universal
|
Universal
|
Halaman 34
|
Relative
|
Relative
|
10 Catatan kaki/ footnote pada skripsi yang dirubah menjadi daftar pustaka:
Footnote
:
1. Ngalim
Purwanto, Psikologi Pendidikan
(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010) h.102
2. Iqbal
Hasan, Pokok-Pokok Materi Statistik 2
(Statistic Inferensif) (Jakarta: Bumi Aksara, 2002) h.219
3. Suharsimi
Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan
(Jakarta: Bumi Aksara, 2009) h. 20
4. Oemar
Hamalik, Proses Belajar Mengajar
(Bandung: Bumi Aksara, 2006) h.30
5. Dimyati
dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran
(Jakarta: Rineka Cipta, 1999) h.250
6. Mulyati,
Pengantar Psikologi Belajar
(Yogyakarta: Quality Publishing, 2007) h.94
7. Suharsimi
Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan
(Jakarta: Bumi Aksara, 2010) h.182
8. Zuhal
dan Zhanggischan, Prinsip Dasar
Elektronik (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004) h.686
9. Van
Harten dan Setiawan, Instalasi Listrik
Arus Kuat (Jakarta: Trimitra Mandiri, 1985) h.64
10. Saekhan
Muchith, Pembelajaran Kontekstual
(Semarang: RaSail Media Group, 2008) h.59
Daftar Pustaka:
1. Purwanto
N.2010. Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
2. Hasan
I.2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 2
(Statistic Inferensif). Jakarta: Bumi Aksara.
3. Arikunto
S.2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.
4. Hamalik
O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Bumi Aksara.
5. Dimyati,
Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
6. Mulyati.2007. Pengantar Psikologi Belajar.
Yogyakarta: Quality Publishing.
7. Arikunto
S.2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
8. Zuhal,
Zhanggischan.2004. Prinsip Dasar
Elektronik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
9. Harten
V, Setiawan.1985. Instalasi Listrik Arus
Kuat. Jakarta: Trimitra Mandiri.
10. Muchith
S.2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang:
RaSail Media Group.
Tugas Jurnal Bahasa Indonesia
Tugas
4
Kesalahan logika kebahasaan :
Dari ketiga uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa perbuatan dan hasil belajar itu mungkin dapat
dimanifestasikan dalam wujud perambahan materi pengetahuan yang berupa fakta
informasi, prinsip, hukum atau kaidah, prosedur, pola kerja, teori sistem dan
sebagainya. Penguasaan pola-pola perilaku kognitif (pengamatan) proses
berpikir, mengingat atau mengenal kembali, perilaku afektif, perilaku
psikomotor. Perubahan dalam sifat-sifat kepribadian baik yang dapat diraba maupun
yang tidak dapat diraba. Untuk menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam
pembelajaram tersebut individu menggunakan kemampuan pada ranah-ranah tersebut.
Dari tulisan di atas,
terdapat beberapa kesalahan logika kebahasaan seperti penggunaan tanda koma (,)
sebelum kata ‘dan’ di akhir kalimat pada kalimat pertama, tidak adanya kata
‘dan’ pada kalimat kedua, dan pemilihan kata ‘maupun’ yang kurang tepat pada
kalimat ketiga sehingga dapat membuat maknanya menjadi ambigu.
Perbaikan :
Dari ketiga uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa perbuatan dan hasil belajar itu mungkin dapat
dimanifestasikan dalam wujud perambahan materi pengetahuan yang berupa fakta
informasi, prinsip, hukum atau kaidah, prosedur, pola kerja, teori sistem, dan sebagainya. Penguasaan pola-pola
perilaku kognitif (pengamatan) proses berpikir, mengingat atau mengenal
kembali, perilaku afektif, dan perilaku
psikomotor. Perubahan dalam sifat-sifat kepribadian baik yang dapat diraba ataupun yang tidak dapat diraba. Untuk
menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam pembelajaram tersebut individu
menggunakan kemampuan pada ranah-ranah tersebut.
*Kalimat di atas
diambil dari Bab II halaman 8.
Tugas
5
·
Bacalah slide Bahasa Indonesia ke-2.
Buatlah istilah di bidang anda kemudian telaah, kemudian terangkan logika
kebahsaannya, serta lihat definisi operasionalnya dan perbaiki kesalahannya!
1. Relay
Ø Istilah
asing yang diterjemahkan :
Menyampaikan
Ø Istilah
asing : Relay
Ø Kaidah
yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘relay’ menggunakan huruf miring.
Ø Arti : adalah komponen elektronika berupa saklar
elektronik yang digerakkan oleh arus listrik.
2. Product
Ø Istilah
asing yang diserap : Produk
Ø Istilah
asing : Product
Ø Kaidah
yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘Product’ menggunakan huruf miring.
Ø Arti : adalah
merupakan hasil dari kegiatan produksi yang berujud barang.
3. Instrument
Ø Istilah
asing yang diterjemahkan : Alat
Ø Istilah
asing : Instrument
Ø Kaidah
yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘Instrument’ menggunakan huruf miring.
Ø Arti : adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan
data dalam suatu penelitian dan penilaian.
4. Interpersonal
Ø Istilah
asing yang diterjemahkan : Antar
pribadi
Ø Istilah
asing : Interpersonal
Ø Kidah
yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘Interpersonal’ menggunakan huruf miring.
Ø Arti : adalah hubungan antar pribadi.
5. Variable
Ø Istilah asing yang diserap : variabel
Ø Istilah asing : variable
Ø Kaidah yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘variable’
menggunakan huruf miring.
Ø Arti : adalah nilai yang dapat berubah dalam lingkup masalah
tertentu atau seperangkat operasi.
Tugas Jurnal Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar