Rahmat

Tugas 1


Judul Skripsi :
“KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”

Nama Mahasiswa : Irma Widiyanti
Program Studi       : Pendidikan Teknik Elektro
No. Registrasi       : 5115083383
Tahun Lulus           : 2012

Dosen                   :   1. Ketua Sidang Pengesahan    : Drs. Wisnu Djatmiko,M.T.
                                2. Sekertaris                             : Drs. Readysal Monantun,M.M.
                                3. Penguji Ahli                           : Syufrijal,M.T.
                                4. Dosen Pembimbing I             : Dr. Suyitno,M.Pd.
                                5. Dosen Pembimbing II            : Dr. Sri Sujanti,M.Pd.

Tugas 2
Daftar Isi
Abstrak...................................................................................................................................... i
Lembar Pengesahan..................................................................................................................iii
Lembar Pernyataan Orisinilitas.................................................................................................iv
Kata Pengantar...........................................................................................................................v
Daftar Isi...................................................................................................................................vi
Daftar Tabel..............................................................................................................................ix
Daftar Gambar...........................................................................................................................x
Daftar Lampiran........................................................................................................................xi

Bab I Pendahuluan...................................................................................................................1
  1.1 Latar Belakang Masalah.....................................................................................................1
  1.2 Identifikasi Masalah...........................................................................................................1
  1.3 Pembatasan Masalah..........................................................................................................4
  1.4 Perumusan Masalah............................................................................................................5
  1.5 Tujuan Penelitian................................................................................................................5
  1.6 Kegunaan Penelitian...........................................................................................................5

Bab II Kajian Teoretis dan Hipotesis Penelitian...................................................................7
  2.1 Kerangka Teoretis..............................................................................................................7
     2.1.1 Hasil Belajar Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor..........................................7
        2.1.1.1 Belajar....................................................................................................................7
        2.1.1.2 Hasil Belajar Psikomotor.....................................................................................11
        2.1.1.3 Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor........................................................18
           2.1.1.3.1 Pengasutan Secara Langsung........................................................................19
           2.1.1.3.2 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Manual.....................................20
           2.1.1.3.3 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Otomatis...................................21
     2.1.2 Hasil Belajar Teori Mesin Arus Bolak-Balik.............................................................23
         2.1.2.1 Hasil Belajar Kognitif.........................................................................................23
         2.1.2.2 Teori Mesin Arus Bolak-Balik............................................................................27
            2.1.2.2.1 Motor Satu Fasa............................................................................................27
            2.1.2.2.2 Motor Tiga Fasa............................................................................................33
  2.2 Kerangka Berpikir............................................................................................................38
  2.3 Hipotesis Penelitian..........................................................................................................39

Bab III Metodologi Penelitian...............................................................................................40
  3.1 Tempat dan Waktu Penelitian..........................................................................................40
  3.2 Metode Penelitian.............................................................................................................40
  3.3 Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel.......................................................40
  3.4 Variabel Penelitian...........................................................................................................41
  3.5 Definisi Operasional Variabel..........................................................................................41
  3.6 Instrumen Penelitian.........................................................................................................42
  3.7 Teknik Pengumpulan Data...............................................................................................43
  3.8 Hipotesis Statistik.............................................................................................................44
  3.9 Teknik Analisis Data........................................................................................................44

Bab IV Hasil Penelitian..........................................................................................................49
  4.1 Deskripsi Data..................................................................................................................49
    4.1.1 Hasil Belajar Praktik PPM..........................................................................................49
    4.1.2 Hasil Belajar Teori MAC............................................................................................50
  4.2 Uji Data............................................................................................................................52
     4.2.1 Uji Normalitas............................................................................................................52
     4.2.2 Uji Linieritas Hubungan/Regresi...............................................................................53
     4.2.3 Uji Korelasi Product Moment Pearson.......................................................................55
  4.3 Pembahasan Data.............................................................................................................57
  4.4 Keterbatasan Penelitian....................................................................................................59

Bab V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.............................................................................60
  5.1 Kesimpulan.......................................................................................................................60
  5.2 Implikasi...........................................................................................................................60
  5.3 Saran.................................................................................................................................61

Daftar Pustaka........................................................................................................................63

Lampiran.................................................................................................................................65

Daftar Lampiran
Lampiran 1  Data Hasil Belajar Teori MAC dan Praktik PPM................................................65
Lampiran 2  Perhitungan Distribusi Frekuensi Variabel X......................................................66
Lampiran 3  Perhitungan Distribusi Frekuensi Variabel Y......................................................68
Lampiran 4  Perhitungan Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel X...............................70
Lampiran 5  Perhitungan Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel Y...............................71
Lampiran 6  Pengujian Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel X..................72
Lampiran 7  Pengujian Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel Y..................75
Lampiran 8  Perhitungan Ujian Linieritas Dengan Persamaan Regresi Linier Sederhana......78
Lampiran 9  Uji Kelinieran dan Keberartian Regresi...............................................................81
Lampiran 10 Perhitungan Koefisien Korelasi Product Moment Pearson................................88
Lampiran 11 Perhitungan Signifikansi Koefisiensi Korelasi Product Moment Pearson.........90
Lampiran 12 Lembar Pengamatan Kemampuan Praktikum Mata Kuliah PPM......................99
Daftar Tabel
Tabel 3.1 Interpretasi nilai r (Koefisien Korelasi Pearson)......................................................46
Tabel 3.2 Pengelompokan Data................................................................................................47
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Variabel Y...............................................................................49
Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Variabel X...............................................................................51
Tabel 4.3 Data Hasil Perhitungan Uji Liliefors........................................................................53
Tabel 4.4 F (ANAVA) Regresi Linier......................................................................................54
Tabel 4.5 Interpretasi Nilai r (Koefisien Korelasi Product Moment Pearson).........................56

Daftar Gambar
Gambar 2.1 Rangkaian Pengasutan Segitiga-Bintang..............................................................20
Gambar 2.2 Rangkaian Pengasutan Oto-Transformator..........................................................22
Gambar 2.3 Motor Induksi Satu Fasa.......................................................................................30
Gambar 2.4 Rangkaian Motor Kapasitor.................................................................................32
Gambar 2.5 Rangkaian Resistansi Eksternal............................................................................36
Gambar 4.1 Histogram Variabel Y...........................................................................................50
Gambar 4.2 Histogram Variabel X...........................................................................................52

Teori Awal
  1. Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan.
  2. Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis (pengurangan), sintesis (memadukan) dan evaluasi (penilaian).
  3. Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisasi dan pembentukan pola hidup.
  4. Psikomotorik yaitu kemampuan mengutamakan keterampilan jasmani yang terdiri dari persepsi, kesiapan, gerak terbimbing, gerakan terbiasa,gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.
  5. Hasil Belajar adalah prestasi dari suatu kegiatan, dalam hal ini belajar, yang telah dikerjakan berupa peruahan perilaku yang relatif menetap secara terus menerus baik dalam kualitas kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Teori Pembanding
1.      Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.

  1. Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, menegtahui dan memecahkan masalah.

  1. Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

  1. Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

  1. Hasil Belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi.


Tugas 3
Beberapa penulisan yang tidak sesuai dengan EYD pada skripsi yang saya telaah, yang berjudul :
“KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”
Halaman
Kata yang tidak sesuai EYD
Kata yang sesuai EYD
Halaman 7
Domain
Domain
Halaman 13
Kreatifitas
Kreativitas
Halaman 17
Interpersonal
Interpersonal
Halaman 19
Relay
Relay
Halaman 19
Saklar
Sakelar
Halaman 23
Analisa
Analisis
Halaman 23
Sintesa
Sintesis
Halaman 29
Hysterisis
Hysterisis
Halaman 29
Universal
Universal
Halaman 34
Relative
Relative

10 Catatan kaki/ footnote pada skripsi yang dirubah menjadi daftar pustaka:
Footnote :
1.      Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010) h.102
2.      Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistic Inferensif) (Jakarta: Bumi Aksara, 2002) h.219
3.      Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009) h. 20
4.      Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Bandung: Bumi Aksara, 2006) h.30
5.      Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 1999) h.250
6.      Mulyati, Pengantar Psikologi Belajar (Yogyakarta: Quality Publishing, 2007) h.94
7.      Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2010) h.182
8.      Zuhal dan Zhanggischan, Prinsip Dasar Elektronik (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004) h.686
9.      Van Harten dan Setiawan, Instalasi Listrik Arus Kuat (Jakarta: Trimitra Mandiri, 1985) h.64
10.  Saekhan Muchith, Pembelajaran Kontekstual (Semarang: RaSail Media Group, 2008) h.59


Daftar Pustaka:
1.      Purwanto N.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
2.      Hasan I.2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistic Inferensif). Jakarta: Bumi Aksara.
3.      Arikunto S.2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
4.      Hamalik O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
5.      Dimyati, Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
6.      Mulyati.2007. Pengantar Psikologi Belajar. Yogyakarta: Quality Publishing.
7.      Arikunto S.2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
8.      Zuhal, Zhanggischan.2004. Prinsip Dasar Elektronik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
9.      Harten V, Setiawan.1985. Instalasi Listrik Arus Kuat. Jakarta: Trimitra Mandiri.
10.  Muchith S.2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSail Media Group.


Tugas 4

Kesalahan logika kebahasaan :
Dari ketiga uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perbuatan dan hasil belajar itu mungkin dapat dimanifestasikan dalam wujud perambahan materi pengetahuan yang berupa fakta informasi, prinsip, hukum atau kaidah, prosedur, pola kerja, teori sistem dan sebagainya. Penguasaan pola-pola perilaku kognitif (pengamatan) proses berpikir, mengingat atau mengenal kembali, perilaku afektif, perilaku psikomotor. Perubahan dalam sifat-sifat kepribadian baik yang dapat diraba maupun yang tidak dapat diraba. Untuk menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam pembelajaram tersebut individu menggunakan kemampuan pada ranah-ranah tersebut.
Dari tulisan di atas, terdapat beberapa kesalahan logika kebahasaan seperti penggunaan tanda koma (,) sebelum kata ‘dan’ di akhir kalimat pada kalimat pertama, tidak adanya kata ‘dan’ pada kalimat kedua, dan pemilihan kata ‘maupun’ yang kurang tepat pada kalimat ketiga sehingga dapat membuat maknanya menjadi ambigu.
Perbaikan :
Dari ketiga uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perbuatan dan hasil belajar itu mungkin dapat dimanifestasikan dalam wujud perambahan materi pengetahuan yang berupa fakta informasi, prinsip, hukum atau kaidah, prosedur, pola kerja, teori sistem, dan sebagainya. Penguasaan pola-pola perilaku kognitif (pengamatan) proses berpikir, mengingat atau mengenal kembali, perilaku afektif, dan perilaku psikomotor. Perubahan dalam sifat-sifat kepribadian baik yang dapat diraba ataupun yang tidak dapat diraba. Untuk menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam pembelajaram tersebut individu menggunakan kemampuan pada ranah-ranah tersebut.
*Kalimat di atas diambil dari Bab II halaman 8.


Tugas 5

·        Bacalah slide Bahasa Indonesia ke-2. Buatlah istilah di bidang anda kemudian telaah, kemudian terangkan logika kebahsaannya, serta lihat definisi operasionalnya dan perbaiki kesalahannya!

1.      Relay
Ø  Istilah asing yang diterjemahkan       : Menyampaikan
Ø  Istilah asing : Relay
Ø  Kaidah yang digunakan       : Dalam penulisannya,relay’ menggunakan huruf miring.
Ø  Arti : adalah komponen elektronika berupa saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik.
2.      Product
Ø  Istilah asing yang diserap     : Produk
Ø  Istilah asing : Product
Ø  Kaidah yang digunakan       : Dalam penulisannya,Product’ menggunakan huruf miring.
Ø  Arti : adalah merupakan hasil dari kegiatan produksi yang berujud barang.
3.      Instrument
Ø  Istilah asing yang diterjemahkan       : Alat
Ø  Istilah asing : Instrument
Ø  Kaidah yang digunakan       : Dalam penulisannya,Instrument’ menggunakan huruf miring.
Ø  Arti : adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian dan penilaian.
4.      Interpersonal
Ø  Istilah asing yang diterjemahkan       : Antar pribadi
Ø  Istilah asing : Interpersonal
Ø  Kidah yang digunakan         : Dalam penulisannya,Interpersonal’ menggunakan huruf miring.
Ø  Arti : adalah hubungan antar pribadi.
5.      Variable
Ø  Istilah asing yang diserap     : variabel
Ø  Istilah asing : variable
Ø  Kaidah yang digunakan : Dalam penulisannya, ‘variable’ menggunakan huruf miring.
Ø   Arti            : adalah nilai yang dapat berubah dalam lingkup masalah tertentu atau seperangkat operasi.






Tugas Jurnal Bahasa Indonesia












Tidak ada komentar:

Posting Komentar